diposkan pada : 26-10-2023 17:10:27

Apakah Doa yang Dibaca Ketika Masuk Masjidil Haram

Masjidil Haram, atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Al-Haram, adalah salah satu tempat suci dalam agama Islam. Terletak di Makkah, Arab Saudi, Masjidil Haram adalah tujuan ibadah yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Setiap tahun, jutaan Muslim melakukan perjalanan ke Makkah untuk menjalani ibadah haji dan umrah, yang melibatkan kunjungan ke Masjidil Haram.

Dalam setiap perjalanan ke masjid ini, ada beberapa tata cara dan doa-doa tertentu yang harus diikuti oleh para peziarah. Salah satu momen penting dalam kunjungan ke Masjidil Haram adalah ketika seseorang pertama kali memasuki masjid tersebut. Pada saat ini, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh setiap Muslim.

Artikel ini akan menjelaskan secara komprehensif dan jelas mengenai doa-doa yang sebaiknya dibaca ketika memasuki Masjidil Haram.

 

Doa Masuk Masjidil Haram

Ketika seorang Muslim pertama kali masuk ke Masjidil Haram, ada beberapa doa yang dia dapat membaca. Doa-doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk memberkati kunjungan mereka ke masjid suci ini dan memohon keberkahan untuk ibadah yang akan mereka lakukan di sana. Berikut beberapa doa yang direkomendasikan:
 

1. Doa Masuk Masjid

Doa pertama yang direkomendasikan adalah doa masuk masjid. Doa ini adalah doa yang umumnya dibaca oleh setiap Muslim ketika mereka memasuki masjid mana pun, termasuk Masjidil Haram.

Doa ini adalah tanda penghormatan kepada Allah dan pengakuan akan kesucian tempat tersebut. Berikut adalah teks doa masuk masjid:

 

أعوذ بالله العظيم وبوجهه الكريم وسلطانه القديم من الشيطان الرجيم. اللهم افتح لي أبواب رحمتك

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajah-Nya yang Mulia, dan kekuasaan-Nya yang Abadi, dari setan yang terkutuk. Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."
 

2. Doa Ketika Melihat Ka'bah Pertama Kali

Ketika seorang Muslim melihat Ka'bah pertama kali setelah memasuki Masjidil Haram, dia dapat membaca doa khusus sebagai tanda syukur dan penghormatan. Berikut adalah teks doa tersebut:

 

اللهم أنت السلام ومنك السلام، تباركت يا ذا الجلال والإكرام

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Dzat yang memberikan kedamaian, dan darimu berasal kedamaian. Maha Suci Engkau, wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemurahan."
 

3. Doa Selamatkan Diri dari Neraka

Doa ini mengandung permohonan kepada Allah untuk perlindungan dari api neraka. Berikut adalah teks doa tersebut:

 

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر، ومن عذاب جهنم، ومن فتنة المحيا والممات، ومن فتنة المسيح الدجال

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, godaan kehidupan dan kematian, serta godaan Al-Masih Ad-Dajjal."
 

Signifikansi Doa-Doa Ketika Masuk Masjidil Haram

Mengapa doa-doa ini begitu penting ketika memasuki Masjidil Haram? Ada beberapa alasan utama:
 

1. Kesucian Tempat

Masjidil Haram adalah salah satu tempat terkudus dalam Islam, dan doa-doa ini mencerminkan pengakuan akan kesucian tempat tersebut. Membaca doa masuk masjid adalah tanda penghormatan kepada Allah dan tempat ibadah-Nya.
 

2. Rasa Syukur

Doa ketika melihat Ka'bah pertama kali adalah ungkapan syukur kepada Allah atas kesempatan untuk melihat Ka'bah, yang merupakan salah satu simbol paling penting dalam agama Islam.
 

3. Perlindungan dari Dosa

Doa selamatkan diri dari neraka mencerminkan permohonan perlindungan kepada Allah dari dosa dan hukuman-Nya. Ini adalah momen refleksi yang penting bagi seorang Muslim.
 

Kesimpulan

Doa-doa yang dibaca ketika masuk ke Masjidil Haram memiliki makna dan signifikansi yang dalam dalam Islam. Mereka mencerminkan rasa hormat, syukur, dan permohonan perlindungan kepada Allah.

Bagi setiap Muslim yang beruntung dapat mengunjungi Masjidil Haram, membaca doa-doa ini adalah bagian penting dari pengalaman mereka.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang doa-doa tersebut dan mengapa mereka begitu penting.